Oleh: James Roberts
Sumber: Secrets of Survival

Keambrukan sosial total. Kota-kota besar hilang. Keruntuhan peradaban menyeluruh. Bagaimana Anda akan bertahan hidup di negeri yang tak memiliki pemerintahan atau polisi lokal? Komunitas dan penyintas harus menjaga dirinya sendiri.

Bagaimana Anda akan bertahan hidup di negeri yang tak memiliki pemerintahan atau polisi lokal?

Apa yang terjadi ketika komunitas dan penyintas peristiwa bencana besar harus menjaga dirinya sendiri?

Mungkin Anda akrab dengan serial televisi pasca-apokalips, Jericho, yang semula mengudara di CBS. Premis acara ini adalah bahwa kota-kota besar Amerika telah hancur oleh senjata nuklir.

Anda akan menjumpai tayangan ulangnya dewasa ini—tapi siaran tersebut tetap menarik, bahkan lebih menarik hari ini karena Amerika bisa-bisa dinuklir oleh para teroris dan negara-negara bajingan yang mendukung mereka.

Dalam Jericho, dunia—yang kita kenal—pada intinya telah ambruk.

Masyarakat telah runtuh

Komunikasi dengan kota lain dan pemerintah kita hilang, pemanas dan listrik sangat minim, dan sumber pangan menjadi masalah.

Dengan terjadinya semua itu, Jericho, Kansas (kota dalam serial Jericho—penj.) berdiri sendiri. Sebuah kota kecil harus menjaga dirinya sendiri. Dan dengan ambruknya struktur sosial AS secara menyeluruh, ada banyak orang di dalam maupun di luar kota yang akan berbuat jahat kepada sesama demi memperbaiki hidup mereka sendiri. Jadi apa yang mesti dilakukan oleh penduduk Jericho, Kansas?

Untuk alasan lain, para penyintas kecelakaan pesawat dalam acara populer ABC, Lost, mendapati diri mereka tidak punya kontak dengan dunia luar. Dengan makanan sedikit, struktur sosial atau tempat bernaung tidak ada, dan khawatir mengenai keselamatan, para penyintas mulanya berusaha dalam keputusasaan.

Apa yang diungkap oleh Lost dan Jericho

Kenapa mengangkat dua acara fiksi? Karena selalu ada setidaknya secarik fakta yang ditemukan dalam fiksi. Malah, beberapa ciptaan dan temuan terhebat umat manusia sebetulnya berasal dari kisah-kisah sains fiksi (kloning, contohnya). Jadi, acara televisi seperti Jericho dan Lost dapat membantu menerangkan bagaimana kita sebaiknya bereaksi terhadap situasi demikian.

Tapi tetap, acara televisi tidak akan memberitahu kita segalanya. Bahkan, tak seorangpun bisa. Kenapa? Sederhana saja: karena bila menyangkut keambrukan sosial total, variabel-variabelnya begitu banyak sehingga pendekatan satu ukuran untuk semua tidak dapat berfungsi. Oleh sebab itu, mungkin ada baiknya memperinci berdasarkan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan oleh orang-orang dalam situasi demikian.

Ingat, keambrukan sosial total ditentukan oleh ketidakstabilan

Setelah seorang wanita menerobos ke dalam sebuah taman kanak-kanak Jepang pada 2001 silam dan melukai satu guru perempuan dengan pisau, muncul kegaduhan publik. Sederhananya, jenis-jenis kekerasan yang telah menjadi, sayangnya, lumrah di AS tidak demikian di Jepang. Bersama dengan ini, Masao Omura, psikiater kriminal di Universitas Nihon di Tokyo, mengatakan hal berikut pasca peristiwa:

“Ketidakstabilan sosiopolitik dan ekonomi memicu ketidakstabilan psikologis atau ketidakpastian, dan semua ini, saya yakin, punya andil besar pada naiknya kejahatan brutal (di Jepang).”

Sayangnya, jika stres harian dan peristiwa dunia hari ini dapat merangsang ketidakstabilan psikologis, tentunya demikian pula isu massa dapat menyebabkan jaringan sosial dan struktur kekuasaan kita runtuh.

Terdengar mengecilkan persoalan, ya?

Jadi, demi menjaga peradaban tetap beradab, masyarakat perlu berbuat segala yang mereka mampu untuk mengembalikan stabilitas. Itu akan melibatkan penimbangan prioritas.

Penimbangan prioritas apabila terjadi keambrukan sosial total

(Urutan di sini tidak penting, karena bisa berubah banyak tergantung pada situasi)

Temukan makanan dan air

Jika Anda termasuk orang yang percaya bahwa dunia di ambang Armagedon atau akan celaka beberapa tahun ke depan, Anda mungkin ingin membuat rencana untuk yang satu ini sebelumnya. Jika segalanya ambruk, salah satu hal pertama yang akan Anda butuhkan adalah persediaan makanan dan air.

Skenario kemungkinan terbaik: Anda memikirkan ini sebelum masalah timbul dan menyimpan persediaan darurat di rumah dan/atau kantor. Ini akan membantu Anda melewati satu atau dua minggu pertama.

Kalau tidak, ini bisa menjadi urutan pertama. Sokong diri sendiri cukup lama untuk menghasilkan sebuah rencana. Ngomong-ngomong, bicara soal rencana jangka panjang…

Temukan sebuah kelompok (jika ada)

Dalam situasi di mana kekacauan sosial total merajalela, Anda mungkin tak mau sendirian. Pertama, terdapat keamanan fisik dalam perkumpulan (dalam Jericho ada beberapa situasi di mana orang luar datang ke kota dengan niat berbuat jahat kepada penduduk; dalam Lost tentu saja ada The Others).

Bagaimanapun juga, sebuah kelompok akan membantu Anda melindungi keluarga dan diri Anda sendiri ketika dan jika bahaya lanjutan timbul.

Selain itu, keanggotaan kelompok akan membantu Anda memenuhi kebutuhan untuk dimiliki (need to belong) nantinya. Itu benar, seperti dikatakan psikologi kenamaan dunia Abraham Maslow, semua manusia butuh merasa seolah mereka dimiliki dan aman.

Bagaimanapun juga, pertimbangkan orang-orang yang bisa Anda percayai: orang-orang di lingkungan Anda sendiri, contohnya. Selanjutnya, jika ada—seperti dalam kasus Jericho, Kansas—pertimbangkan kota Anda.

Pilih pemimpin

Tim sepakbola butuh pelatih kepala dan beberapa asisten. Tanpa ini, pemain atau pelatih akan bilang pada Anda bahwa kekacauan akan merajalela. Setiap bentuk pemerintahan juga mempunyai seperangkat pemimpin. Jangan percaya sedetikpun bahwa Anda bisa bertahan hidup melewati kekacauan tanpa memasang suatu jenis struktur kekuasaan. Setiap peradaban memberitahu kita secara berbeda-beda. Lebih jauh, dengan mengimplementasikan semacam struktur kekuasaan, pada hakikatnya Anda telah menertibkan kekacauan, meskipun hanya dalam kelompok Anda sendiri.

Oleh sebab itu, ada bijaknya kelompok-kelompok kecil memilih pemimpin sejak dini (ini akan lebih mudah di dalam kelompok yang betul-betul saling mengenal). Lebih jauh, rencana menyangkut struktur kekuasaan masa depan harus dibuat pada waktu ini (akan ada voting?). Diskusi seperti ini dapat membantu memadamkan kecemburuan orang-orang yang tidak terpilih untuk memimpin.

Kelompok-kelompok besar bisa menempuh jalur demokrasi dan mempunyai semacam parlemen mini, jika mereka memilih demikian. Atau barangkali pejabat terpilih dapat menjalankan maksud ini (mirip walikota).

Lindungi diri Anda dari elemen-elemen alam dengan tempat bernaung

Apa Anda masih punya rumah? Jika ya, bagus! Jika tidak, cari tempat bernaung alami (seperti gua-gua dalam Lost). Atau jika tidak tersedia tempat bernaung buatan atau alami, pertimbangkan membangunnya (seperti yang selalu dilakukan para peserta dalam acara populer CBS, Survivor).

Ngomong-ngomong, lakukan ini dengan cepat. Selanjutnya, jika keambrukan sosial total terjadi di wilayah di mana elemen-elemen alam adalah masalah besar, ini mungkin perlu menjadi urutan pertama.

Pemanas dan pendingin

Apakah listrik berfungsi (di Jericho, Kansas, tidak berfungsi, bukan?) Apakah tersedia sumber panas? Jika tidak, kita bicara api. Yang tentu saja perlu sesuatu untuk dibakar. Mempunyai rencana untuk menangani hal ini adalah tindakan pintar.

Bisakah Anda mempertahankan diri?

Apa Anda dalam bahaya?

Dengan kata lain, apakah orang-orang yang berjalan di jalan raya sambil menenteng senjata berniat mencuri atau berbuat jahat pada Anda? Tak pelak lagi, jika ini benar, maka mempertahankan diri menjadi prioritas pertama.

Boleh jadi mereka militer musuh, boleh jadi mereka warga kita sendiri yang berusaha memperbaiki keadaan mereka. Bagaimanapun juga, berikut adalah beberapa ide yang harus dipertimbangkan.

Bentengi wilayah Anda

Ada segala hal yang bisa Anda coba. Anda bisa menjejerkan mobil, bus, truk di sekeliling Anda untuk perlindungan. Anda bisa mencoba membangun tembok jika waktu mengizinkan. Anda bahkan bisa berupaya membangun semacam benteng. Semua ide ini mengandung masalah: itu memberitahukan keberadaan Anda.

Jadi, tindakan terbaik akan tergantung pada situasi. Jika Anda adalah kelompok relatif besar yang punya senjata dan kecakapan, melakukan pembentengan mungkin bukan ide buruk. Namun, jika Anda kelompok kecil yang ingin tetap anonim, menjejerkan sekumpulan truk di sekeliling empat rumah adalah hal terakhir yang ingin Anda lakukan, apalagi jika ada kelompok-kelompok di luar sana yang perlu dikhawatirkan. Biar bagaimanapun, strategi pembentengan seperti itu cenderung meneriakkan, “Kami di sini!”

Dalam situasi demikian, carilah perintang alami untuk tinggal di dekatnya (danau, gunung). Ini tidak akan mendatangkan kebekenan yang tak dikehendaki. Namun, camkan, jika Anda tinggal dekat perairan segar, orang lain akhirnya akan datang berkunjung (tentu saja makanan dan air akan sangat penting bagi para penyintas keambrukan sosial).

Kumpulkan senjata

Ini tak terhindari. Ingat, jika seseorang ingin menjadi bagian dari kelompok Anda, senjata mereka ikut. Itu bukan segerombol individu.

Ingat struktur kekuasaan

Bila menyangkut manuver militer, struktur kekuasaan sangat penting. Bahkan, saat Anda memilih atau memutuskan pemimpin kelompok, kemampuannya memimpin dalam hal militer harus menempati puncak daftar.

Pemimpin ini, bila dia cakap, akan merancang jadwal penjagaan. Jika betul-betul ada bahaya, pemantauan harus selalu diberlakukan bersamaan dengan cara untuk penjaga mengontak anggota lain tanpa menimbulkan perhatian pada dirinya.

Terakhir, berpikir jangka panjang menyangkut makanan

Bagaimana Anda akan menyokong diri sendiri dalam jangka panjang? Jika ada kekacauan sosial yang bisa jadi berlangsung untuk jangka waktu tak terbatas, hal ini perlu dipertimbangkan secara rinci. Beberapa hal yang perlu dipikirkan adalah:

  1. Perangsuman makanan Anda.
  2. Pembekuan makanan yang dapat busuk (jika Anda punya sarananya). Jika tidak, makan itu paling awal.
  3. Kemungkinan bertani (saat ini dan masa depan).
  4. Ketersediaan ternak.
  5. Rangsum musim dingin.

Pendek kata, keambrukan sosial total belum pernah terjadi di AS. Selama periode kerusuhan sosial tertentu, negara ini selalu bisa pulih. Namun, boleh jadi ada sejumlah situasi yang bisa mengubah keberuntungan Amerika. Teroris. Perang nuklir, dampak pemanasan global, dll.

Lebih jauh, keambrukan sosial total dapat terjadi dengan cara lain (pikirkan Lost). Jadi apakah Anda siap? Akankah Anda tahu apa yang harus dilakukan? Yang pasti, artikel ini hanya dimaksudkan untuk membuat Anda berpikir ke arah yang tepat. Jika yang asli betul-betul terjadi, para penyintas akan harus banyak berpikir spontan. Tentunya, jika Anda memikirkan beberapa hal ini dalam-dalam sebelum kejadian, itu bisa menghemat waktu dan tenaga…

Kunci Perbekalan Bertahan Hidup Untuk Bertahan Melewati Keruntuhan

  • Pengetahuan: Kawasan terpencil mana saja di Amerika Utara (atau apapun benua tempat Anda tinggal), dengan jarak bermil-mil dari kota sekarat, yang mempunyai ekosistem tepat untuk menyediakan banyak sumber makanan dan air segar? Salah satu dari mereka mungkin lokasi yang bagus untuk Anda mengungsi.
  • Pertahanan Diri: Senjata api akan berguna untuk waktu lama.
  • Peta: Anda perlu merencanakan rute alternatif untuk pergi dari wilayah Anda tinggal, apabila terjadi keruntuhan, dan melintasi perbatasan negara-bangsa yang mungkin dijaga oleh pasukan militer (sebagai contoh, jika mengungsi ke Kanada dari AS, Kanada mungkin akan menolak penyintas asal Amerika seandainya terjadi bencana besar dan Kanada kini khawatir dibanjiri oleh penduduk Amerika yang mengungsi).

    Anda juga butuh peta untuk merencanakan rute alternatif melewati area-area yang dijaga oleh milisi lokal atau bahkan kota-kota besar yang telah runtuh tapi kini dikendalikan oleh geng-geng kekerasan yang merebut kekuasaan. Sebagai contoh, masyarakat di daerah pinggiran kota Southern California yang mengungsi mungkin akan menjumpai geng-geng dari kota-kota Central California, yang bersatu untuk merebut lingkungan dan bidang-bidang tanah. Bagaimana Anda melintasi zona-zona yang dikendalikan geng ini?

  • Benih tanaman dan pengetahuan metode tanam alternatif (berkebun untuk bertahan hidup): Hari-hari pertanian terbuka akan menjadi cerita masa lalu. Anda akan perlu belajar cara-cara menyamarkan operasi penanaman, seperti kartel narkoba menanam narkoba ilegal di Amerika Selatan dan bahkan di AS sekarang ini. Teknik baru dalam survival gardening (berkebun untuk bertahan hidup) mengajari orang-orang untuk menanam beraneka tumbuhan, yang ketika ditanam bersamaan terlihat seperti bagian hutan atau pemandangan, memungkinkan Anda menanam banyak makanan yang tidak dapat dikenali sebagai palawija oleh para bandit penyisir tanah.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s