Oleh: Mark Lawrence
Sumber: Secrets of Survival

Skenario mimpi buruk dari Perang Dingin akhirnya terbentang. Tahun 2018. Rusia menginvasi AS, membinasakan sebagian besar kota-kota, merebut target lunak dan prasarana vital. Anda merasa aman di pedesaan? Tidak jika Anda tinggal dekat salah satu dari “10 target lunak bernilai strategis” yang mungkin krusial bagi pengambilalihan AS oleh Rusia.

Mayoritas orang Amerika mungkin lebih mengaitkan judul mimpi buruk ini dengan film “Red Down” ketimbang dengan sesuatu yang akan betul-betul terjadi—tapi bagaimana kalau itu memang terjadi? Bagaimana kalau Rusia sedang mengincar Amerika?

Kekhawatiran Akan Invasi Rusia

Kekhawatiran sudah lama menggunung di kalangan tertentu di AS sejak Perang Dingin penuh ancaman dari Uni Soviet, dan mereka mencakup Pentagon, yang lebih hafal dengan spionase besar-besaran KGB di AS daripada rata-rata orang Amerika yang mungkin berpikir bahwa ancaman mata-mata cuma nyata dalam film James Bond.

Tapi mata-mata KGB hadir di sini pada masa Perang Dingin. Setelah Uni Soviet runtuh di awal 90-an, boleh jadi sejumlah mata-mata tersebut masih bertahan, meskipun mereka tak lagi dianggap sebagai “KGB”.

Hari ini kita boleh bertaruh Rusia memiliki jaringan mata-mata yang sehat dan vital di AS, termasuk tidak sedikit “agen ganda”—artinya warga AS yang bekerja di pemerintah federal seperti CIA dan pertahanan negara yang, seperti banyak orang Amerika, bisa dirayu untuk meneruskan informasi intelijen ketika disodori cukup banyak dolar.

Invasi Rusia

Baru setelah merobohkan pertahanan dan prasarana vital AS, baru setelah itu rencana Rusia untuk menginvasi dan menduduki wilayah-wilayah AS dapat berkembang dengan potensi sukses. Tentu saja, untuk sampai ke level itu Rusia harus bersedia melakukan beberapa hal yang akan mensejajarkan mereka dengan Hitler.

Kita sedang bicara tentang Rusia harus bersedia menuklir beberapa juta orang Amerika sebagai tindakan pre-emptif (senjata nuklir kopor Perang Dingin?), atau barangkali memakai virus mematikan yang diracik di laboratorium Rusia, dan kemudian disebar ke kota-kota AS seperti plot dalam serial televisi “24”, atau barangkali kombinasi senjata nuklir kopor dan virus mematikan.

Apakah Putin Setingkat Dengan “Hitler”?

Kita belum bisa bilang. Dia telah menginvasi dua negara sampai hari ini, pertama Georgia pada 2008, dan kedua dan terbaru adalah Ukraina, yang sedang menjadi tajuk-tajuk utama dunia.

Pesawat Komersial

Plot dari Red Dawn asli (1984) adalah pasukan Rusia menginvasi AS dengan pesawat komersial di rute internasional guna menyamarkan gelombang pertama invasi—kuda Troya versi modern (ngomong-ngomong, kalau Anda suka film-film bertahan hidup, ini salah satu yang terbaik sepanjang masa di samping First Blood).

Bisakah pesawat komersial dipakai untuk membantu membawa gelombang pertama Rusia masuk ke ruang udara Amerika dan berparasut ke tengah-tengah masyarakat AS?

Mungkin.

Lalu tentu saja ada kapal kontainer—pelabuhan-pelabuhan AS dimasuki lusinan kapal kargo setiap hari. Satu kapal kargo saja bisa memuat pasukan, menampung sistem rudal, dan bahkan mungkin diperlengkapi untuk memberi tempat bagi jet-jet tempur Rusia untuk lepas landas dan mendarat dan mengisi bahan bakar. Pada intinya, kapal induk dan kapal tempur menyamar supaya terlihat seperti kapal kargo.

Berapa banyak yang bisa Rusia tempatkan, di lepas pantai atau bahkan di darat dan kemudian meluncurkan serangan dari pelabuhan AS?

Kartu As Cadangan Rusia

Rusia, kita bisa bertaruh, mempunyai “kartu as cadangan”—artinya, satu atau lebih cara cerdik untuk membawa orang, dan senjata, kemari yang mungkin belum dilihat kedatangannya oleh Pentagon, atau belum ada skenario untuk menghadapinya.

Kartu as tersebut mungkin berupa pabrik manufaktur “berbasis di Amerika”, di mana alih-alih membuat mobil atau pesawat belaka, mungkin senjata dan sistem pengantaran senjata sedang dibangun tepat di sini di tanah AS, di kawasan industri kota-kota besar AS, dengan akses ke armada truk, helikopter, dan peralatan berat yang dapat dipakai untuk mengepung beberapa “target lunak” yang krusial dalam mencekik Amerika dan memaksanya menyerah.

Di pabrik-pabrik manufaktur Rusia yang berbasis di AS tersebut…bagaimana dengan pesawat nirawak Rusia dan—di garis terdepan sains dan teknologi—robot Rusia?

Dalam Perang Dunia II melawan Jepang, “kartu as” rahasia Amerika adalah bom atom fungsional pertama, tak lama kemudian dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki, membuat Jepang cepat menyerah. Awalnya Jepang tidak tahu apa yang mengenai mereka.

Menengok Jepang, sejarah mencatat bahwa kartu as pernah dimainkan sebelumnya dengan konsekuensi penuh petaka. Apa Rusia mempunyai kartu “as”?

Bertahan Hidup Terhadap Pendudukan Rusia

Bandara-bandara kota kecil direbut. Kamp-kamp FEMA dan penjara AS dijadikan kamp konsentrasi untuk warga AS. Mungkin memang seharusnya kita sudah mengkhawatirkan “kamp FEMA” itu. Namun, alih-alih bendera Amerika berkibar di kamp-kamp tersebut, dalam kasus ini yang berkibar adalah bendera Rusia.

Pada hari pertama serangan, senjata nuklir kopor Rusia meledak di lusinan tempat strategis, termasuk persis di luar beberapa pangkalan militer; pangkalan militer AS terhapus dari peta—satu lagi kartu as cadangan militer Rusia: serangan EMA terlokalisir yang memadamkan sistem tenaga listrik untuk prasarana vital.

Pasukan Rusia naik berkuasa di lingkungan Anda. Dan sekarang Anda harus bersumpah setia atau menghadapi eksekusi. Atau ada satu opsi lain untuk dipertimbangkan…

Perlawanan Amerika Terhadap Agresor Asing

Jadi, kita sudah hamparkan skenario bagaimana pendudukan Rusia bisa terjadi, dan bagaimana pemimpin Rusia seperti Vladimir Putin bisa berubah menjadi Hitler berikutnya, atau mungkin “Anti-Kristus” dari Kitab Wahyu yang sudah lama ditunggu-tunggu (untuk pembaca Kristen di luar sana yang sedang menghitung hari kembalinya Kristus—ya saya mendengar kalian).

Apapun yang terjadi, akankah Anda hidup atau mati jika skenario semacam ini berlangsung? Akankah Anda punya rencana jika sesuatu seluar biasa invasi Rusia mendatangkan pasukan parasut ke masyarakat Anda?

Apa Anda punya rencana cadangan untuk hari ketika Anda harus membuang persiapan dan buru-buru mengungsi ke pedalaman, seperti kaum Yahudi yang lari dari Nazi selagi tank-tank dan pasukan masuk ke kota dalam Perang Dunia II?

Bagaimana Kaum Yahudi Bertahan Hidup

Banyak orang Yahudi tewas di kamp-kamp konsentrasi Nazi. Tapi banyak pula dapat melarikan diri, kadang di “jalan kereta bawah tanah”, dan kali lain dengan disembunyikan oleh non-Yahudi “taat hukum” (kadang di ruang-ruang rahasia yang tersembunyi di rumah-rumah berpenampilan biasa) sampai orang-orang Yahudi ini bisa menyelinap keluar wilayah, seringkali di bawah selubung kegelapan.

Kiat Untuk Bertahan Hidup Terhadap Invasi Rusia

Satu cara untuk bersiap-siap terhadap kemungkinan invasi adalah memperlengkapi rumah Anda dengan ruang rahasia, ditempatkan sedemikian rupa sehingga jikapun ada orang mencari-cari “ruang rahasia”, mereka tidak akan menemukan ruang rahasia Anda.

Lengkapi ruang rahasia dengan ventilasi, makanan, air, listrik, dan alat komunikasi, agar jika Anda dan keluarga tiba-tiba harus bersembunyi, Anda bisa tetap bersembunyi selama beberapa jam, dan kemudian melarikan diri di bawah selubung kegelapan.

Ke Mana Anda Akan Pergi?

Masyarakat Anda mungkin berada di bawah kendali Rusia, begitu juga semua masyarakat di jalan raya ke mana Anda terdorong untuk mengungsi. Kendalikan dorongan ini dan sadari bahwa Anda mungkin sebaiknya pergi ke pedalaman dan hutan, dan menjauh dari kota-kota besar dan kecil, dan alih-alih mengikuti jalan kecil, tetaplah dekat-dekat dengan lindungan (misalnya pepohonan jangkung).

Jika tak ada lindungan, kumpulkan sesuatu yang akan membantu mengkamuflase diri Anda dari udara, di mana helikopter mungkin sedang berpatroli, mengawasi orang-orang di darat yang melarikan diri dari area.

Bisa barang sederhana seperti terpal kecil dan 2-3 kaleng cat semprot, dengan warna menyerupai warna area yang sedang Anda lintasi. Sebagai contoh, lingkungan gurun, tipikal di Southern California, Utah, Arizona, dan Nevada. Jika Anda mendengar baling-baling helikopter di kejauhan, tiaraplah ke tanah di sebelah batu atau ke selokan atau objek apapun yang kebetulan ada di dekat Anda, dan gunakan terpal yang sudah dicat untuk menyamarkan diri dari penglihatan di angkasa.

Lari Lewat Hutan

Tapi sebisa mungkin, rencanakan sebuah rute yang akan membawa Anda melintasi pepohonan. Sejumlah besar orang Yahudi melarikan diri lewat hutan-hutan Eropa (kadang mendapat pertolongan dari penduduk setempat yang simpatik sepanjang perjalanan, tapi selalu waspada kalau-kalau salah satu dari penduduk simpatik ini akan menyerahkan mereka kepada Nazi).

Gunakan hutan karena Anda butuh lindungan, dan Anda juga ingin berada di area yang paling tidak mungkin dikirimi pasukan parasut, jika kebetulan Anda sedang lari dari area yang diserang besar-besaran. Ingat, pasukan parasut butuh tanah terbuka.

Berdiam di bawah pepohonan membuat Anda terhalang dari penglihatan angkasa dan mencegah pasukan mendarat di dekat lokasi Anda seandainya Anda (atau sejumlah rekan perjalanan) terlihat. Saya sangat menganjurkannya: penyaring air praktis akan membekali Anda air saringan selama beberapa minggu dari sungai kecil dan danau yang Anda jumpai sewaktu berjalan).

Jalan Tanah

Di peta, cari jalan kerikil dan jalan tanah—mereka adalah sistem jalan sekunder khas wilayah belantara AS yang sangat tidak mungkin didatangi para agresor di hari-hari atau pekan-pekan pertama invasi. Sebagian besar perhatian (dan sumber daya terbatas) agresor akan difokuskan pada wilayah berpenduduk dan pengamanan jalan-jalan utama, sebelum bergerak ke wilayah berpenduduk jarang dan jalanan yang jarang digunakan.

Pertimbangkan pergi ke wilayah-wilayah yang mempunyai operasi pertanian kecil—bukan agrikultur skala besar, karena sekali lagi ini mungkin diincar oleh pasukan invasi—dan/atau kota-kota kecil di atau dekat pegunungan yang tak memiliki bandara. Bandara mempermudah pengiriman pasukan lewat udara, dan kita bisa bertaruh Rusia sudah menandai setiap bandara dan bahkan landasan terbang kecil di peta. Kedekatan landasan terbang pedesaan dengan “target lunak” vital (terus baca sampai bawah) menjadikannya lebih mungkin untuk diincar di hari-hari pertama invasi skala besar.

Jangan Masuki Kota Kecil Dari Jalan Utama

Jangan masuki kota kecil dari jalan utama. Penduduk lokal yang sedang tertekan mungkin tidak terlalu ramah kepada para pendatang baru yang mengungsi dari kota-kota besar. Sebagai gantinya, salah satu strategi adalah mengelilingi kota dan masuk dari sisi jauh dan berupaya menghubungi sebuah keluarga setempat terlebih dahulu. Jika keluarga ini merasa simpatik pada Anda, persahabatan mereka bisa menjadi pintu untuk diterima oleh penduduk lokal dan bukan sekadar mulut untuk diberi makan. Beberapa kota kecil mungkin menyambut para penyintas yang mengungsi dari kota besar. Tinjau kota yang ingin Anda masuki dari kejauhan (Anda akan butuh seperangkat binokular) sebelum memasukinya. Anda tidak tahu apa yang sedang Anda masuki. Lebih baik selamat daripada menyesal. Bagaimana kalau kota tersebut berisi militer Rusia?

Bug Out Bag

Tentu, bila Anda mengikuti kabar di komunitas persiapan dan survivalis, Anda cukup tahu untuk memiliki Bug Out Bag berisi makanan untuk beberapa hari (pertimbangkan MRE untuk rangsum makanan bertahan hidup, jika ada kemungkinan Anda harus berbagi makanan dengan orang lain), juga sistem penyaring air untuk mendapat air minum bersih sepanjang perjalanan (lihat tautan di atas), serta peta, senjata untuk pertahanan diri, dan segala hal lain yang menghasilkan ransel bertahan hidup untuk bertahan melewati masa perang (tak ada jaminan soal antibiotik ikan itu tapi sepertinya bisa bekerja untuk sebagian orang). (MRE adalah singkatan dari Meals Ready-to-Eat atau Makanan Siap Santap—penj.)
Kemungkinan besar, jika Anda berhasil sampai ke hutan yang jauh dari wilayah penduduk, Anda tidak akan dikejar oleh pasukan invasi. Belum. Mereka akan sibuk merebut komunitas-komunitas, dan kemudian mendatangi rumah-rumah.

Baru seiring hari-hari dan minggu-minggu berlalu, pasukan invasi akhirnya berhasil sampai ke kota-kota kecil dan rumah-rumah desa di pedalaman. Kecuali, tentu saja, kota-kota kecil dan komunitas-komunitas di jalur angin yang membawa radiasi tingkat berbahaya dari kota besar atau instalasi militer yang mengalami ledakan nuklir.

Salah satu cara untuk menambah lapisan pelindung adalah tablet potasium iodida, yang dapat membantu melindungi Anda dari efek-efek radiasi. (Pemerintah AS dikabarkan sedang menyetok tablet-tablet ini.)

10 Area Bernilai Strategis Bagi Rusia

Ini kalau Anda tidak tinggal di area bernilai strategis. Apa itu area bernilai strategis? Bagaimana dengan:

  1. Kilang minyak dan sumur minyak
  2. Pabrik gas alam
  3. Kilang gas
  4. Bandara (bahkan yang kecil)
  5. Operasi pertambangan
  6. PLTN dan bendungan PLTA
  7. Kantor media (koran, radio, televisi)
  8. Industri (kedirgantaraan, logam, dll)
  9. Manufaktur
  10. Agrikultur komersial (tidak semua area agrikultur, hanya yang dianggap penting untuk memberi makan pasukan Rusia seraya membantu memenangkan hati penduduk taklukan dengan menyediakan kebutuhan pangan dasar bagi warga)

Nyaris apapun yang memberi tenaga dan makan bagi Amerika kemungkinan besar menjadi target lunak, dan tidak harus sesuatu yang akan dihancurkan oleh pasukan invasi. Tergantung seberapa detil rencana pendudukannya, mereka mungkin ingin menghidupkan kembali sistem-sistem ini tak lama setelah padam, atau bahkan sebelum salah satu sistem ini padam. (10 area ini mungkin tidak mencakup semua area penting bagi agresor Rusia, tapi merupakan beberapa area lazim untuk Anda hindari dalam rencana pengungsian.)

Apa Maknanya?

Bahwa sekalipun Anda tinggal bermil-mil jauhnya dari wilayah penduduk, Anda tetap dalam bahaya sejak permulaan invasi hanya karena kedekatan Anda dengan target lunak.

Dan jika Anda dianggap personil penting yang bekerja di salah satu target lunak ini, ada kemungkinan pasukan invasi sudah tahu banyak tentang Anda—nama Anda, tempat tinggal Anda, dan, yang ngeri untuk dipikirkan, mungkin mereka bahkan sudah merinci dan menomori keluarga Anda dalam daftar.

Keluarga Anda Disandera

Anda tahu, jika hari pertama invasi Rusia meliputi pencarian beberapa target lunak, cara terbaik untuk membuat personilnya tetap menjalankan sistem-sistem ini adalah menyandera keluarga mereka, atau cukup mengepung setiap target lunak yang dimaksud.


Rusia (dan para sekutunya) punya waktu lama untuk mempertimbangkan hal semacam ini. Jika ini betul-betul terjadi, itu karena mereka percaya ini akan berhasil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s